BanggaiKab.go.id,  Melalui agenda pertemuan yang ditempatkan di gedung KONI Kabupaten Banggai, Kamis (06/09/2018). PPID (Pejabat Pengelolaan Informasi Publik dan Dokumentasi) yang tergabung dalam KIP (Komisi Informasi Publik) Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan sosialisasi tentang informasi publik untuk masyarakat.

Acara yang dimulai pukul 09.00 wita berlangsung khidmat, saat Bupati Banggai yang diwakilkan oleh Drs. H. Mustar Labolo memberikan sambutannya, pada prinsipnya sosialisasi tentang keterbukaan informasi publik adalah menjadi suatu keniscayaan dan suatu keharusan buat kita (masyarakat), tidak boleh lagi ada suatu informasi bagi perangkat daerah dimanapun kapanpun yang harus disembunyikan, ujarnya

“Pentingnya untuk pengelolaan informasi buat kita dan harus disebarkan atau dibuka seluas-luasnya, kecuali itu bersifat rahasia atau berhubungan dengan dokumen kenegaraan,” tambahnya, saya harap untuk pengelolaan anggaran yang ada di masing-masing kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) harus terbuka dan jangan ada yang disembunyikan.

Selain itu, dalam kegiatan sosialisasi tersebut Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Informasi Publik Syamsudin Saida mengatakan, Perkembangan Media yang saat ini meningkat pesat secara signifikan, akses informasi yang sangat mudah untuk diakses dimana saja bisa melalui internet, televisi ataupun radio, Pungkasnya” kita sebagai Pemerintah mempunyai peran penting untuk berbagi dan mengawasi informasi kepada publik karena akan sangat berpengaruh kepada perkembangan daerah kedepan.

                                                                              Para peserta sosialisasi keterbukaan informasi publik [Foto, istimewa]
Sementara itu, sosialisasi informasi publik diketahui tertuang dalam peraturan perundang-undangan Nomor 14 tahun 2008 dalam ketentuan umumnya Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan,dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yangberkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yangsesuai dengan Undang-Undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Badan publik adalah Lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, dimana sebagian/seluruh dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), atau Organisasi Non-Pemerintah sepanjang sebagian/seluruh dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan/atauAnggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sumbangan masyarakat dan/atau luar negeri, adapun jenis informasi yakni jenis informasi yang dapat dibuka dan informasi yang dikecualikan.

Hadir bersama perwakilan Kominfo Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah, kepala OPD, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai Drs Djayadin, awak media, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, pemerintah kecamatan dan Tim KIP.

Diakhir acara Bupati Banggai yang diwakili oleh Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo menyempatkan Foto Bersama dengan Tim KIP juga kepala OPD dan dilanjutkan dengan penyampaian materi.