BanggaiKab.go.id-Dalam menjalankan roda pemerintahan Bupati Banggai, Ir Herwin Yatim MM mendapatkan apresiasi dari Staf Khusus Kepresidenan RI Deputi III Bidang Kesehatan, Maria Monica Wirahardja. Menurut Monica, pola kepemimpinan yang diterapkan Bupati Herwin adalah pola kerja yang benar-benar sangat menyentuh. Sebab, Bupati Herwin mampu memprioritaskan program yang dianggap penting untuk daerah, terutama program kesehatan masyarakat.

APRESIASI BUPATI: Maria Monica Wirahardja, Staf Khusus Kepresidenan RI Deputi III Bidang Kesehatan saat memberikan apresiasi atas kinerja Bupati Herwin Yatim yang mampu menerapkan sinergitas pimpinan OPD dalam mensukseskan program kesehatan masyarakat.

Itu diungkapkan Monica di sela-sela kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kabupaten Banggai tahun 2017. Monica menilai pola kepemimpinan Bupati Herwin yang mampu merangkul seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjalankan suatu program, khususnya program kesehatan adalah salah satu tolok ukur kepemimpinan yang baik.

“Sangat menyentuh. Jarang sekali saya melihat satu pemimpin yang memiliki komitmen yang sangat penting di satu daerah,” terang Monica, Selasa (23/05/2017) di Hotel Estrella Luwuk.

Menurut Monica, karakter kepemimpinan yang mampu merangkul seluruh pimpinan OPD untuk mensukseskan suatu program pemerintah dengan baik adalah keberhasilan. “Di sini pak bupati saya lihat bisa melihat mana yang paling penting dari suatu program tanpa perhitungan lainnya untuk memfokuskan program tersebut sebagai hal paling penting. Khususnya program kesehatan masyarakat,” paparnya.

Dengan gaya kepemimpinan Bupati Herwin, Monica meyakini setiap program yang dijalankan akan mampu dilaksanakan para pimpinan OPD sesuai dengan harapan. Karena program-program pemerintah yang selalu melihat sisi kebutuhan terpenting dari masyarakat dan daerah akan memberi dampak positif untuk menekan kesenjangan sosial. “Dengan pola seperti itu kita bisa bersinergi membangun daerah,” tegasnya.

Senada dengan itu, Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr Anshayari Arsyad, M.Kes juga mengapresiasi program kesehatan yang ada di Kabupaten Banggai. Ia bahkan mengatakan daerah ini sebagai salah satu kabupaten yang setiap tahunnya selalu menonjol dalam prestasi di Sulawesi Tengah. Namun, dr Anshayari juga mengingatkan kepada seluruh petugas medis agar bisa lebih proaktif lagi dalam menangani pasien untuk memajukan pelayanan kesehatan di daerah.

“Dulu petugas itu menunggu pasien, sekarang harus proaktif. Kawan-kawan tidak boleh lagi pasif mengurus pasien. Harus ada upaya proaktif seperti mendatangi rumahnya dan memberikan pelayanan kesehatan,” ungkap dr Anshayari.

Ia mengaku takjub dengan daerah ini karena hampir setiap tahun selalu ada program baru yang benar-benar mampu diaplikasikan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Bahkan, salah satu program pendampingan terhadap ibu hamil sejak dini sudah berjalan sejak beberapa tahun belakangan. Di mana program ini belum berhasil di daerah lain. Kedepan, dr Anshayari meyakini daerah ini bakal memiliki program baru yang akan membuat daerah ini semakin baik. Ia menekankan sebagai perwakilan dari pemerintah provinsi Sulawesi Tengah akan selalu mendukung program pelayanan kesehatan masyarakat. Bahkan, jika bisa kedepan apa yang sudah ditonjolkan Dinas Kesehatan Banggai bisa ditingkatkan sehingga penerapannya terlaksana di semua puskesmas.(*)

Berikut video Wawancara


Laporan: Diskominfo Banggai