– General Manager PLN Suluttenggo Janji Tuntas Sebelum Lebaran Tahun Ini

BanggaiKab.go.id, Surabaya – Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM, menemui General Manager (GM) PT. PLN Suluttenggo, christyono, Senin (9/3/2020), di Surabaya, Jawa Timur. Pertemuan yang berlangsung di Kantor PLN Pembangkit Jawa Bali (PJB) itu, dalam rangka membicarakan krisis listrik yang cukup lama melanda wilayah Kabupaten Banggai dengan adanya pemadaman bergilir.

Dihadapan GM Christyono, Bupati H. Herwin Yatim yang didampingi Ketua DPRD Banggai, Suprapto N, dan Ketua BTB, Dino Gobel selaku fasilitator pertemuan, kembali menagih janji PLN terkait pernyataan krisis listrik di daerah ini, akan segera teratasi pasca didatangkannya 3 mesin dari Kolaka, pada Bulan Oktober 2019 lalu.

Bahkan Bupati H. Herwin Yatim, kembali menyentil soal pernyataan dari pihak PLN terkait akan adanya kelebihan pasokan listrik, yang ternyata tidak sesuai fakta di lapangan. Menanggapi hal itu, GM Christyono mengatakan bahwa pihaknya tengah memikirkan berbagai solusi.

Diantaranya, dengan kembali mendatangkan 3 mesin yang mulai beroperasi sejak Senin (9/2). Tak hanya itu, dikatakan Christyono, bahwa pemeliharaan mesin untuk suplai Toili juga sudah akan selesai di pekan kedua Bulan Maret 2020.

Penambahan mesin untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Bualemo dan sekitarnya juga segera ditempatkan. Turunnya hujan dalam beberapa hari juga membawa berkah dengan kembali normalnya 2 mesin Pembangkit Tenaga Mikro Hydro di Lambangan dan Hanga-hanga. Sebelumnya 2 mesin tersebut sempat mengalami krisis air sehingga kesulitan dalam menyuplai.

Kabar baik lainnya yang disampaikan oleh GM Christyono adalah, saat ini PLN sedang menyiapkan mesin berdaya besar 25 Mega Watt. Mesin itu disiapkan untuk mengatasi konsumsi listri yang sangat tinggi di Luwuk. Dijanjikan Christyono, proses penjajakan di Pusat diusahakan tuntas sebelum Lebaran Idul Fitri tahun ini. **/Humas Pemkab Banggai

TIM LIPUTAN BIDANG MEDIA DISKOMINFO BANGGAI