BanggaiKab.go.id- Kedatangan Tim Klarifikasi Lapangan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat regional yang didampingi Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Banggai disambut meriah oleh perangkat desa serta masyarakat Desa Bukit Jaya, Kecamatan Toili, Jumat (28/7).

Desa Bukit Jaya telah dinyatakan lolos administrasi dalam lomba desa di regional III wilayah Kalimantan dan Sulawesi, sehingga berhak untuk dinilai langsung oleh  Tim Klarifikasi Lapangan yang beranggotakan empat orang, yakni Drs. Faisal Syarif M.Si, Gunung Mangantar Siagian S.Sos, Dr. Nasrullah S.Sos, M.Si dan Kiagus Muhammad Aji Hakim.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Klarifikasi Lapangan regional III Drs. Faisal Syarif M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di desa atau kelurahan demi terwujudnya pembangunan masyarakat desa dan kelurahan yang berdasar pada tekad dan kekuatan sendiri. Selain itu, lomba ini juga dimaksudkan untuk mengetahui capaian desa dalam kurun waktu setahun.

Tiga aspek yang menjadi bahan penilaian yakni aspek penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan kewilayahan dan pembinaan kemasyarakatan. Penilaian lomba desa ini tak lepas dari hasil evaluasi tingkat perkembangan desa dan kelurahan.

Wakil Bupati, saat diwawancarai, mengungkapkan apresiasinya terhadap pemerintah pusat dan provinsi  melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang telah membantu mengarahkan Pemerintah Kabupaten Banggai khususnya Desa Bukit Jaya atas capaian ini.

Wakil Bupati juga berharap agar Desa Bukit Jaya yang hasil evaluasi perkembangan desanya termasuk dalam kategori desa cepat berkembang ini bisa menjadi juara dan menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Banggai.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Bukit Jaya, Sutadi, mendampingi Tim Klarifikasi Lapangan melihat langsung hasil pertanian dan perkebunan seperti tanaman pangan, rempa-rempah serta olahan minuman tradisional yang disiapkan pada salah  satu stan. Setelah itu, mereka diajak melihat beberapa ekor sapi hasil ternak masyarakat Desa Bukit Jaya.

Selanjutnya hasil klarifikasi lapangan ini akan dibahas dalam rapat pleno dihadapan pejabat eselon 1 dan 2 Kementerian Dalam Negeri. Dalam rapat itu, Tim Klarifikasi Lapangan akan memaparkan kembali hal-hal yang berkaitan dengan potensi, persoalan  dan rencana pasca lomba dari setiap desa dan kelurahan yang dikunjungi.

 

Liputan: diskominfo