Luwuk– Di awal tahun 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai menerima kunjungan dari tim peneliti e-Government, Smart City, & Tata Kelola Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu (23/1/2019).

Selain bersilaturahmi, dalam kesempatan itu tim peneliti yang dikepalai oleh Tony Dwi Susanto mempresentasikan konsep e-Government dan Smart City yang saat ini telah diterapkan di sejumlah kota besar di Pulau Jawa. Ini merupakan kesempatan baik bagi dinas yang baru terbentuk pada akhir 2016 silam untuk bertukar pikiran, mengingat saat ini Kabupaten Banggai tengah berupaya menjadi bagian dalam Gerakan menuju 100 smart city yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo RI.

Kepala Dinas Kominfo Banggai Djayadin ditemani para staf Bidang Layanan Infrastruktur Dasar Data Center & e-Government sangat antusias dengan pemaparan yang dibawakan oleh Tony bersama timnya. Empat produk dan layanan yang coba ditawarkan oleh tim peneliti, seperti tata kelola dan manajemen Teknologi Informasi, Aplikasi Government Resource Planning (GRP), Infrastruktur TI, dan Training SDM TI dipaparkan secara runut dan sistematis.

Meski hanya berlangsung selama dua jam, Tony berharap pertemuan ini bisa berbuah kerjasama antara Pemkab Banggai dengan ITS Surabaya dalam rangka pengembangan e-Government & Smart City ke depannya.

Liputan: Diskominfo Kab Banggai