Luwuk– Guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai bersama Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado menggelar kegiatan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika, Senin (11/3/2019), di Auditorium Hotel Swiss Belinn Luwuk.

Kepala BPSDMP Kominfo Manado Christiany Juditha mengawali sambutannya dengan pengantar tentang generasi milenial yang gandrung akan teknologi. Sertifikasi merupakan fasilitas untuk mengembangkan kompetensi yang berlisensi (diakui). Jika lulus, peserta berhak atas sertifikat SKKNI yang berlaku selama tiga tahun. Christiany berharap setelah para peserta tersertifikasi, Pemerintah Daerah dapat menggunakan peran mereka untuk terlibat dalam kerja-kerja birokrasi ketimbang harus mencari tenaga dari luar daerah.

Saat membuka kegiatan, Wakil Bupati Mustar Labolo mengingatkan betapa perkembangan teknologi informasi kian pesat serta tantangannya yang semakin besar. Olehnya itu, menurut Mustar, kualitas SDM harus terus ditingkatkan agar tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Wakil Bupati berharap agar para peserta sungguh-sungguh menekuni dan mencermati materi-materi yang disampaikan selama proses pembelajaran.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Banggai Jayadin mengapresiasi kegiatan ini dan berharap di tahun berikutnya akan ada lagi kegiatan-kegiatan serupa.

Seluruh peserta yang berjumlah lima puluh orang merupakan putra-putri daerah lulusan SMK jurusan TIK yang ada di Kabupaten Banggai. Selama lima hari, mereka akan dibekali pengetahuan oleh sejumlah pemateri yang notabene adalah pengajar-pengajar lokal di kampus AMIK di Kota Luwuk. Sementara tim penilai sertifikasi dari Kementerian Kominfo RI.

   

Liputan: Diskominfo Kab Banggai