LUWUK – Ribuan umat muslim di Luwuk ramaikan pawai takbir obor dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H yang jatuh pada Rabu (22/8/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai itu, cukup menarik perhatian bagi umat muslim di kecamatan Luwuk, Luwuk Utara dan kecematan Luwuk Selatan, termasuk kecamatan Pagimana.

Buktinya, peserta pawai takbir obor kali ini tidak hanya diikuti oleh remaja masjid se kota Luwuk, namun berbagai elemen, instansi pemerintah daerah dan swasta, termasuk BUMN dan BUMD ikut dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Tidak ketinggalan personel TNI-AD dari Kodim 1308 Luwuk Banggai, Kompi C Poso di Luwuk, Polres Banggai dan perbankan terlihat ikut dalam jalan pawai obor tersebut.

Kapolres Banggai, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Kajari Banggai, Sekab Banggai, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlihat memimpin Pawai Takbir Obor di Luwuk.

 

Yang lebih menarik lagi, pawai obor yang dilepas oleh Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh, SIK.,SH.,MH, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf. Nurman Syahreda, SE, Kajari Banggai, Hadiman, SH.,MH, Sekab Banggai, Ir. Abdullah Ali, MM dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pihak Satlantas Polres Banggai, membagi dua rute perjalanan pawai obor kali ini yakni nomor peserta ganjil menuju Kelurahan Simpong hingga Aliun-alun Bumi Mutiara Luwuk dan nomor peserta genap menuju arah Kelurahan Luwuk hingga melewati jalur pertokoan dan keduanya berakhir  di tempat awal yakni di halaman Masjid Agung An-Nur Luwuk.

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, sebelum melepas berpesan agar pelaksanaan pawai takbir obor berjalan tertib dan hikmat.

“Dengan kebersamaan kita, dengan ketertiban yang kita ciptakan, semakin menandakan bahwa umat Islam daerah kabupaten Banggai, khususnya kota Luwuk ada umat yang bisa diatur dan tertib,” pesannya.

Selain tertib dalam pelaksanaan pawai takbir obor, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM tidak bosan-bosan menyampaikan pesan moral yakni pinasa. ***

 

Tim Diskominfo