Luwuk, BanggaiKab.go.id – Ternyata imbauan Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, untuk mengelar zikir dan doa saat menyambut tahun baru diamini oleh camat, kepala desa, lurah dan pimpinan organisasi perangkat daerah serta masyarakat Kabupaten Banggai.

Dari pantauan di sejumlah lokasi rumah ibadah dan instansi daerah maupun vertikal di Luwuk, hampir semua mengelar zikir dan doa, sebelum tiba waktu pergantian tahun, tepatnya jam 00.00 Wita.

Kendati, harus diakui bahwa masih ada bunyi-bunyian petasan saat pelepasan tahun 2018 semalam, namun hal itu tidak seramai tahun sebelumnya.

Bupati Banggai, H. Herwin Yatim bersama Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf. Nurman Syahreda dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali sendiri ikut zikir dan doa bersama yang digelar Kepolisian Resort Banggai, di aula Cakra Manggala, Polsek Luwuk.

Sementara Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo, mengelar zikir dan doa bersama masyarakat dan anak sekolah alam terpadu, Sekolah Luar Biasa Mian Nu Lipuknyo, Komuniktas Adat Terpencil Dataran Bintang, Bukit Tandalo di Desa Molino, Kecamatan Luwuk Timur.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banggai dibawah pimpinan Fuad Muid pun semalam mengelar zikir dan doa yang dipusatkan di mako PMI Kabupaten Banggai, sekaligus dirangkaikan penyerahan penghargaan atas prestasi yang diraih oleh Palang Merah Remaja Kabupaten Banggai pada kegiatan yang pernah diikuti.

Ternyata bukan hanya dalam kota Luwuk yang mengelar zikir dan doa, tapi di wilayah kecamatan dan desa juga mengelar hal serupa. Itu terlihat di Kecamatan Nambo. Ratusan umat muslim mengelar zikir dan doa yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Nambo.

“Semoga doa dan zikir yang digelar malam ini, kita semua bisa terhindar dari bencana alam yang menimpah negara kita ini,” ucap Bupati Banggai, H. Herwin Yatim, yang diamini oleh Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh, Dandim 1308 Luwuk banggai, Letkol Inf. Nurman Syahreda dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali serta seluruh jemaah yang mengikuti zikir bersama. (***)

 

Tim Liputan Dinas Kominfo Kabupaten Banggai