DKISP BANGGAI – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banggai Syaifuddin Muid memaparkan sejumlah isu berpotensi konflik dalam Rapat Kerja Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Banggai.

Dalam presentasinya, Kepala Badan Kesbangpol menjelaskan bahwa isu-isu di Kabupaten Banggai saat ini didominasi permasalahan pembangunan gereja serta demonstrasi masyarakat terhadap perusahaan nikel.

Mengenai pembangunan gereja di Kelurahan Bungin Timur, terang Syaifuddin, Kesbangpol telah melakukan mediasi dengan menggelar rapat bersama FKUB, Camat, Danramil, Kapolsek Luwuk, dan masyarakat.
Selain itu telah dilakukan verifikasi dokumen persyaratan pembangunan gereja. Keberatan dari sebagian masyarakat menyebabkan pembangunan Gereja Bethel di Kelurahan Bungin Timur masih tertunda. “Kesbangpol terus lakukan mediasi,” ujar Syaifuddin.

Selain di Bungin Timur, permasalahan pembangunan gereja juga terjadi di Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk dan Kecamatan Lamala.

Terkait isu lingkungan, demonstrasi masyarakat di Kecamatan Masama dan Kecamatan Bunta terhadap perusahaan nikel juga sedang dimediasi oleh Badan Kesbangpol.

Untuk menangani permasalahan yang dapat menyebabkan konflik, menurut Syaifuddin, peran para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat perlu diikutsertakan dalam menjaga stabilitas dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan di daerah masing-masing.

Dalam pembukaan Rapat Kerja FPK Banggai yang digelar di Ruang Rapat Umum Setda Banggai, Rabu (23/3/2022), Sekretaris Daerah Kabupaten Bangai Abdullah Ali membacakan sambutan Bupati Banggai yang berhalangan hadir.

Forum Pembauran Kebangsaan dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah. Menindaklanjuti peraturan tersebut, Pemerintah Daerah telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati nomor: 100/341/BKBP tentang Pembentukan Dewan Pembina Forum Pembauran Kebangsaan, Dewan Pengurus dan Sekretariat Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Banggai Periode Tahun 2022.

*Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Banggai