DKISP BANGGAI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO menghadiri kegiatan Orientasi Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah (Sulteng) di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur, Kota Palu, Selasa (24/1/23).
Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional (Kwarnas), Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo S.IP., M.A.P dan Wakil Ketua Kwarnas, Sigit Muryono bertindak sebagai narasumber pada kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Mabicab dan Kwarcab Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah itu.
Dalam arahannya, beliau menyampaikan agar jajaran pengurus Kwarda Sulteng bersama masing-masing Kwarcab mempunyai satu persepsi dan misi yang sama.
β€œSehingga terjalin kerjasama dan sinergitas dalam gerakan pramuka,” ujar dia.
Kemudian ia juga menekankan bahwa tugas pokok Mabida adalah membimbing, mendukung, memfasilitasi secara berkelanjutan dan berkesinambungan, serta membantu ketersedian tenaga, dana, serta fasilitas untuk pengembangan Gerakan Pramuka.
Sementara itu, Ketua Kwarda Sulteng, Hj. Dr. Vera Rompas, M.Si. dalam sambutanya, menyampaikan bahwa orientasi dimaksudkan agar para majelis pembimbing, baik daerah maupun kabupaten/kota mengetahui fungsi dan tugasnya.
β€œSupaya terbangun komitmen bersama dalam mengembangkan pramuka di provinsi Sulawesi Tengah,” tegasnya.
Orientasi tersebut dimaksudkan pula untuk membekali anggota gerakan pramuka Sulteng sebelum mengikuti pelantikan/pengukuhan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Dewan Kerja Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah (Sulteng) Periode 2022-2027, hari Rabu (25/1/23), di venue yang sama.
*Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai