DKISP BANGGAI – Semarak Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah diwarnai dengan gema takbir oleh ratusan pawai yang berkumandang memuji kebesaran Allah SWT, Selasa (9/4/2024) di Masjid Agung An-Nur Luwuk.

Sebanyak 58 tim, dengan total hampir 300 unit kendaraan, berpartisipasi dalam pawai takbir yang diikuti oleh berbagai organisasi masyarakat, OPD, serta masjid-masjid di sekitar Kota Luwuk.

Bupati juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tradisi Islami yang harus dijaga keberlangsungannya dan keamanannya.

“ini adalah kegiatan syiar islam yang setiap tahun kita laksanakan, kita jaga ketertibannya dan keamanannya sehingga arti dari sebuah takbiran mengandung arti yang sangat besar bagi seluruh masyarakat Kabupaten Banggai lebih khusus para Perantau,” ungkap Bupati Amirudin.

Koordinator Pawai Takbiran, Ismed M. Wardhana, S.STP.,M.Si. menyampaikan Tema pawai takbir tahun ini adalah “Kemenangan Hakiki Bagi Seluruh Umat”. tutur Koordinator Ismed.

Lanjutnya, ia menjelaskan Rute pawai yang dimulai dari Masjid Agung An-Nur, berputar di Pebari, dan kembali ke lokasi awal di Masjid, dengan penambahan sekitar 5 km dari tahun sebelumnya.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Bupati Banggai, OPD (Organisasi Pemerintah Daerah), dan para Unsur Forkopimda Banggai.

Sebelum Bupati Banggai melepas Pawai, Kasat Lantas Polres Banggai, AKP I Made Bagus Aditya memberikan arahan terkait keselamatan berkendara, sebagai upaya untuk menjaga kelancaran acara dan keselamatan seluruh peserta.

Juara pawai takbir akan diumumkan pada acara halal bihalal di Masjid Baiturrahim Dongkalan pada tanggal 17 April 2024 mendatang, dengan hadiah tropi dan bonus bagi para pemenang.

*Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.