BanggaiKab.go.id, Luwuk– Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin mengingatkan para Pejabat Eselon III dan IV yang baru saja dilantik dan diambil sumpah agar menggunakan anggaran hanya untuk membiayai program prioritas.
Pelantikan tersebut dilaksanakan di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, pada hari Kamis (18/2/22), dan dihadiri pula oleh Wakil Bupati Banggai, H. Furqanudin Masulili, Sekretaris Daerah Banggai, Ir. Abdullah Ali, Unsur Forkopimda Banggai, dan kepala-kepala Organisasi Pemerintah Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Banggai.
“Yang harus dipahami oleh setiap instansi pemerintah, dalam mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien, yaitu memastikan anggaran digunakan hanya untuk membiayai program prioritas yang mendukung tujuan pembangunan,” tegas Ir. H. Amirudin.
Dalam hal ini, lanjut Bupati, setiap pejabat diminta untuk memastikan bagaimana pendanaan hanya dialokasikan pada kegiatan-kegiatan yang mendukung kinerja instansi, karena dalam mewujudkan birokrasi yang efisien harus mengacu pada asas penggunaan anggaran negara sesuai yang diamanatkan undang-undang, yaitu akuntabilitas yang berorientasi pada hasil.
“Mari kita ubah mental yang awalnya hanya sekedar menghabiskan anggaran, menjadi mental memberi manfaat atas hasil kerja yang dilakukan, sehingga dapat terwujud kesejahteraan rakyat dalam pembangunan daerah dan pembangunan nasional,” harap dia.
Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pembacaan Keputusan Bupati atas nama-nama yang dilantik, lalu dilanjutkan dengan kata-kata pelantikan dan pengambilan sumpah, serta penandatanganan berita acara.
Adapun nama-nama Pejabat Eselon III yang terdiri dari Kepala Bagian (Kabag) Sekretariat Daerah, Kepala Bidang (Kabid) dan Sekretaris Dinas, serta Camat dan Sekretaris Camat berdasarkan Keputusan Bupati No. 821.22/267/Bkpsdm adalah:
1. Muhlis Pampawa, SH sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Banggai
2. Yudhi Sudarta, S.STP sebagai Kabag Umum Setda Banggai
3. Drs. Subhan Lanusi sebagai Kabag Kerjasama Setda Banggai
4. Moh. Rifai Mahiwa, SE., M.Si sebagai Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Banggai
5. Fery Sujarman, SH., S.Pd sebagai Kabag Legislasi Sekretariat DPRD Banggai
6. Syamsul Ridjal Poma, S.pd., sebagai Kabag Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Bangai
7. Andi Aisyah Ali, S.TP sebagai Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Daerah
8. Ir. H. rusdi Rahmat senbagai Sekretaris Dinas PMPTSP
9. Melpin K. Mandagi, S.Sos sebagai Sekretaris Disnakertrans
10. Lesmana P. Kulab, S.KOM sebagai Sekretaris DKISP
11. Muksir Maita, ST., MT sebagai Sekretaris Dishub
12. Dedi Lakita, ST., M.Eng Sekretaris Dinas PUPR
13. Drs. Sudarso Abusama, MM sebagai Sekretaris DLH
14. Ismed Madhyka Wardhana, S.STP sebagai sekretaris Dinas Ketapang
15. Drs. Arif Rahman Makmur sebagai Sekretaris Dinas TPHP
16. Ir. Syaripudin Dja’u, M.Si sebagai Sekretaris Dinas PKH
17. Sri Istini, SH., MH sebagai Sekretaris Dinas Perikanan
18. Abdullah Djaafar, S.Sos., ME sebagaiSekretaris Bappeda Litbang
19. Sarifsul T.Lumpeng, S.Sos sebagai Camat Luwuk
20. Amuri Mohammad Amin, St sebagai Kabid Bina Marga Dinas PUPR
21. Sulkifli Aliu, ST sebagai Kabid Penataan Bangunan dan Infrastruktur Pemukiman Donas PUPR
22. Mulsandi, ST., MT sebagai Kabid Air Minum, Pengelolaan Air Limbah dan Persampahan Dinas PUPR
23. Takdir Said, ST sebagai Kabid Pengairan Dinas PUPR
24. Fahrullah Efendy Lodik, ST sebagai Kabid Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR
25. Noldianter Robby Saroinsong, ST sebagai Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR
26. Mochtar Djahir, S.Sos Kabid sebagai Pemberdayaan Sosial Dinsos
27. Muh. Fikri Dari, SIP Kabid sebagai Pelayaan Rehabitilasi Sosial Dinsos
28. Yurnita B. Batjo, S.Pid sebagai Kabid Perikianan Tangkap Dinas Perikanan
29. Selvi Andriane S. Oroh, S.Pi sebagai Kabid Pengelolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan
30. M. Idham Chalid, SE sebagai Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol-PP dan Damkar
31. Mukhtar Muran Dani, SH sebagai Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol-PP dan Damkar
32. Ruslan Damau, S.Sos sebagai Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi DKISP
33. Herli Madjid, S.Sos sebagai Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi DKISP
34. Ir. Abu Sofyan Enteding sebagai M.Si Kabid Prasarana, Sarana, dan Penyuluh Pertanian Dinas TPHP
35. Hendracakra Abd. Gani, SP sebagai Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UMKM
36. Fatimah Boften, S.STP sebagai Kabid Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakat Desa Dinas PMD
37. Srihandayanti Anti Maadji, ST sebagai Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri serta Promosi Perdagangan Disperindag
38. Welly Ismail, S.H. sebagai Kabid Hubungan Industrial Disnakertrans.Afrianto Dumang sebagai Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non-perizinan DPMPTSP
39. Afrianto Dumang, S.STP. sebagai Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Dinas PMPTSP
40. Jolla S. Rondonuwu, SH sebagai Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan DPMPTSP
41. Ariyani Pitter sebagai Kabid Keluarga Berencana Dinas P2KBP3A
42. dr. Susilawati Muid sebagai Kabid Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dinas P2KBP3A
43. Gilbert Kokalinso, SKM sebagai Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes
44. Abdul Haris, SKM, M.Kes sebagai Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes
45. Hj. Haro Bola, S.Sos sebagai Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
46. Rahayu Dumang, S.Sos. sebagai Kabid Destinasi Pariwisata Dispar
47. Kartika Handayani, S.STP., M.Si. sebagai Kabid Pendapatan Daerah Bapenda.
48. Mohammad Rudi Sangadji, S.Sos. sebagai Kabid Aset BPKAD.
49. Nur Nuzli Lamato, S.STP. sebagai Kabid Mutasi dan Promosi BKPSDM.
50. Nurjidah Masulili, S.Sos. sebagai Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM.
51. Sri Desiyani Benda, S.E. sebagai Kabid Perencanaan Umum, Pengendalian dan Evaluasi abappeda Litbang.
52. Nanin Hendarti Lasadam, S.Kom. sebagai Kabid Perencanaan Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda Litbang.
53. Retno Ridhawaty, S.STP. sebagai Kabid Idiologi dan Kesatuan Bangsa Badan Kesbangpol.
54. Suhardi, S.Kom. sebagai Sekcam Moilong.
55. Robby Tuju S.T. sebagai Sekcam Manto
Selanjutnya daftar pejabat Eselon IV yang dilantik dan diambil sumpahnya sesuai dengan Keputusan Bupati No. 821-22/268/BKPSDM, adalah Sara Sangintang sebagai Kasubag Protokol Setda Banggai, Indah Sangkota sebagai Kasubid Analisa Kebutuhan BPKAD, B. Latara, S.Ag., M.A. sebagai Analisis Kebijakan Pengaduan dan Informasi Layanan BPMTSP, H. Ramli, S.Ag., M.Pd. sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinsos, Ronal Rizal Putje, S.STP. sebagai Pekerja Sosial Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos, Boni Firman Sambeta, S.T., M.E. sebagai Analisis Investigasi dan Perdagangan Dalam Negeri Disperindag dan Frisca Y. Djatim, S.H. sebagai Pranata Humas Bidang TIK Diskominfo.
Kemudian ada Barnece Manga Mangngayun sebagai Pengawas Bibit Ternak Bidang Pembibitan dan Produksi Peternakan Dinas Peternakan dan Keswan, Nurlina Waode Paada, S.E. sebagai Analisis Keuangan Pusat/Daerah BPBD, Djusriani, S.T. sebagai Perencana Bidang Perencanaan Umum, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Litbang, Muhammad Taufik Soeryawanto, S.Sos. sebagai Kasie PMD/Kelurahan Kantor Kecamatan Luwuk Utara, Novri Abd. Rahim, S.H. sebagai Kasie Pelayanan, Informasi dan Pengaduan Kantor Kecamatan Luwuk Utara, Verawaty Abdullah, S.E. sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian Dispar dan Muh. Basri Djumaan, S.I.Kom sebagai Kasie PMD/Kelurahan Kantor Kecamatan Luwuk.