DKISP BANGGAI – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai mulai sosialisasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) agar bisa diterapkan dalam tata kelola Pemerintahan Kabupaten Banggai.

Kegiatan sosialisasi SPBE dibuka langsung oleh Bupati Banggai Amirudin bersama Wakil Bupati Furqanuddin Masulili, Senin (4/7/2022), di Hotel Estrella, Luwuk Selatan, dengan menghadirkan asesor SPBE dari Kementerian PAN-RB, yang juga akademisi dari Universitas Gadjah Mada, Dr. Wing Wahyu Winarno, sebagai narasumber.

Meski baru memulai, Bupati Amirudin mengapresiasi langkah maju tersebut. Mengingat saat ini DKISP juga tengah menggodok sistem integrasi data melalui Satu Data Banggai yang melibatkan OPD dan instansi pemerintahan. Tak hanya itu, penerapan Smart City juga sedang dalam tahap asistensi penyusunan masterplan bersama tim pendamping Kementerian Kominfo RI.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisasi, Bupati Amirudin mengatakan bahwa penerapan SPBE diharapkan dapat mendorong dan mewujudkan penyelenggaran pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama.

Di samping itu, dapat meningkatkan kualitas dan mempercepat proses pelayanan publik. “Penerapan SPBE juga akan meningkatkan kualitas dan mempercepat proses pelayanan publik, dan dapat menekan potensi penyalahgunaan kewenangan”, ujar Bupati Banggai.

Sementara itu, Wing Wahyu Winarno memaparkan empat aspek dalam peta rencana strategis SPBE Nasional yang menyoal tentang tata kelola, layanan, Teknologi Informasi Komunikasi, dan Sumber daya manusia.

Lantas apa yang harus dilakukan Pemda untuk mulai menerapkan SPBE? Selain menyiapkan kebijakan/regulasi yang mengatur tentang SPBE dan turunannya, kata Wing Wahyu, Pemda harus menyiapkan layanan publik maupun internal berbasis digital melalui aplikasi terpadu atau super app. Aplikasi tersebut diharapkan dapat terhubung dengan aplikasi lain, baik di lingkungan internal Pemda maupun dengan pihak lain seperti perusahaan, kampus, atau institusi lain.

Selain Wing Wahyu Winarno, materi sosialisasi juga dibawakan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Novalina (hadir secara virtual) dan Kepala DKISP Banggai Hasanuddin Idris.

Sosialisasi SPBE dihadiri oleh para camat dan kepala-kepala OPD.

*Tim Liputan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai