Mewakili Bupati Banggai, Wabup Furqanudin Pimpin Rapat Kerja Komda Lansia Masa Bhakti 2002-2026
Dkipbanggai, Luwuk- Bupati Banggai yang di wakili oleh Wakil Bupati Banggai (Wabup) Drs. Furqanudin Masulili mengawali agendanya, memimpin pelaksanaan rapat kerja Komisi Daerah Lansia (Komda) Lansia Kabupaten Banggai untuk masa Bhakti 2022-2026.
Rapat kerja secara langsung di Gelar di Ruang Pahangkabotan Kantor Bappeda Litbang Banggai, Senin, (21/11/22) pagi. Dengan tema “Lansia Sehat Indonesia Kuat”.
Hadir bersama Wakil Bupati Banggai, Staf Ahli Bupati Banggai, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Sosial, Perwakilan Bappeda Litbang Ketua Harian Lansia, Pengurus dan anggota Komda Lansia.
Wabup Furqanudin Masulili dalam sambutannya mengatakan, Rapat kerja Komda Lansia Kabupaten Banggai ini, merupakan tindak lanjut dari anggota dan sejumlah pengurus yang di Lantik beberapa bulan yang lalu.
” Dalam rapat ini tentunya, akan membahas suatu program, bagaimana program kita kedepan tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus Komda Lansia Kabupaten Banggai,” Terang Wabup.
Wabup selaku Ketua Umum Komda Lansia Kabupaten Banggai menambahkan, agenda rapat ini berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri RI No. 60 Tahun 2008, tentang pedoman komisi daerah lanjut usia (Komda Lansia) dan pemberdayaan masyarakat dan penanganan lanjut usia agar segera dibentuk.
” Adapun keputusan Bupati Banggai No. 400/66.bagianKesra tentang pembentukan komisi daerah lansia, penanggulangan lanjut usia Kabupaten Banggai periode 2022-2026,”ucapnya.
Sementara itu, program kita ini (kata Wabup) tidak dilaksanakan lagi melalui dana yang namanya hibah, oleh karenanya kita harus menyusun program kegiatan bersama-sama, dan hasil program kita akan sampaikan ke dinas terkait, dalam hal ini dinas sosial. Dalam rapat ini juga dipersilahkan untuk pengurus dan anggota agar menuangkan pokok-pokok pikirannya yang kemudian itu akan dijadikan program.
Ketua Harian Komda Lansia Musir A. Madja pada kesempatannya mengatakan, disesuaikan dengan rekomendasi dari Provinsi, diharapkan juga untuk para OPD terkait, ada bentuk kepedulian untuk para pengurus Komda Lansia dan di hari Kemerdekaan agar diperhatikan. Rekomendasi Provinsi yang lain juga diharapkan Komda Lansia ini perlu diperdakan dan diberikan payung hukum tentang pedoman lanjut usia di daerah. Ucapnya.
Diakhir kegiatan, Wakil Bupati Banggai didampingi Kadis Sosial, memberikan bantuan alat berjalan berupa tongkat kepada sejumlah lansia.
*Tim Liputan DKISP Banggai.