DKISP BANGGAI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Pelataran Halaman Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Kamis (1/6/2023).

Pelaksanaan upacara tersebut berjalan dengan baik, lancar dan penuh hikmat.

Dalam membacakan amanat Presiden Republik Indonesia pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Amirudin mengatakan sesungguhnya Pancasila dan nilai2 yang di kandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila digali dan lahir di bumi indonesia menjadi konsesus¬† nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa indonesia mengaktualisasikan pancasila, sehingga pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutur Bupati Banggai.

Lebih lanjut Bupati Amirudin menyampaikan bahwa keberadaan pancasila adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia, pengamalan nilai-nilai pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air, sehingga dapat membangun bengsa dan negara yang lebih baik.

“Nilai-nilai pancasila dapat di amalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati,” imbuh Bupati Banggai.

Beliau juga menjelaskan bahwa para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Amirudin berpesan bahwa pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutup Bupati Banggai.

Turut hadir pada upacara tersebut Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM., Ketua Dan Anggota DPRD Kab. Banggai, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati Setda Kab. Banggai, para Kepala OPD Kab. Banggai, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banggai, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, serta hadirin para peserta upacara.

*Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai.