DKISP BANGGAI РMewakili Bupati Banggai, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si membuka acara Pelatihan Guru Utama/Training of Trainer  Revitalisasi Bahasa Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023, bertempat di Hotel Estrella Luwuk, Kelurahan Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Senin (15/5/2023).

Bupati Banggai dalam mengawali sambutan tertulisnya, yang dibacakan Sekda Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si menyampaikan selamat datang kepada Tim Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah juga kepada para peserta yang ikut dalam pelatihan ini.

Tak lupa pula, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana dan semua pihak yang terkait atas terselenggaranya kegiatan ini di Kabupaten Banggai.

“Revitalisasi menyasar generasi muda, khususnya siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, serta melibatkan pihak sekolah, pegiat bahasa daerah dan pemerintah daerah,” tutur Sekda Banggai.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, program revitalisasi bahasa daerah diinisiasi pada tahun 2021 oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ditahun yang sama program tersebut baru mencakup tiga provinsi dan lima bahasa daerah, yaitu bahasa Jawa, Sunda, Makassar, Toraja, dan Bugis.

“Pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah khususnya bahasa di Kabupaten Banggai yaitu bahasa Banggai, Saluan, Balantak dan Andio dan sebagian bahasa lainnya bertujuan menjaga kelangsungan bahasa dan sastra daerah setempat,” ujar Sekda Abdullah.

Tentunya juga, lanjut beliau, ini dimaksudkan untuk menciptakan ruang kreativitas dan kemerdekaan bagi para penutur untuk mempertahankan dan menemukan fungsi baru bahasanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda Abdullah mengharapkan terlaksananya kegiatan ini agar dapat meningkatkan kecintaan generasi muda untuk melestarikan bahasa daerah, karena bahasa daerah memilili kontribusi penting dalam pembangunan daerah salah satunya menjadi identitas dan lambang kebanggaan daerah.

Turut hadir pula Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati Banggai, para Asisten Setda Banggai, para Pimpinan OPD Kabupaten Banggai, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulteng beserta jajarannya, dan tamu undangan lainnya.

*Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Banggai.