DKISP BANGGAI – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili bersama Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Banggai, Drs. Moh. Kamil Datu Adam, M.Si, menyambut kedatangan Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar, Dr. (CAND) Billy Mambrasar, ST, BSc, M.Sc, MBA, EdM di Bandara Syukuran Aminudin Amir, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Jumat (14/7/2023).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim, S.H., M.H selaku Ketua Panitia dari Kunjungan Kerja (Kunker) Stafsus Presiden RI, Billy Mambrasar turut menjemput kedatangan Stafsus siang tadi.

Setelah meninggalkan bandara, Wabup Banggai makan siang bersama Stafsus Presiden RI, Billy Mambrasar beserta para rombongan yang ikut mendampingi di Luwuk Seafood Kilo 5.

Selanjutnya setelah makan siang tersebut berlangsung, Wabup Furqan dan Stafsus Presiden RI bersama rombongan langsung menuju ke Ruang Kerja Bupati Banggai.

Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh Tim Liputan DKISP Banggai terkait agenda kerja selama tiga hari di Kabupaten Banggai, Stafsus Presiden RI, Billy Mambrasar mengatakan kedatangannya tak hanya untuk meramaikan perayaan HUT Kabupaten Banggai, tetapi untuk peluncuran Program Nasional.

“Dimana kita akan meluncurkan Gerakan Nasional Manajemen Talenta¬† Pemuda di Kabupaten Banggai Tahun 2023 (MANTAP), dengan target melatih 1.000 pemuda-pemudi Kabupaten Banggai,” tutur Billy.

Lebih lanjut, Stafsus Presiden RI tersebut menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan agar mereka memiliki skill yang memumpuni dalam berbagai bidang ekonomi kreatif, inovasi, dan program ini langsung dibawah Program Prestasi Hub dari Kemenpora dan Talent Hub dari Kemnaker.

“Program Manajemen Talenta Nasional sendiri adalah instruksi Presiden, Banggai menjadi satu dari Kabupaten pertama yang meluncurkan dan mendukung program nasional ini,” ujar Stafsus Presiden RI.

Jadi, lanjut Billy, terdapat tiga program nasional adalah Manajemen Talenta Nasional, Prestasi Hub dan Talent Hub.

“Kemudian agenda berikutnya tentunya selain sebagai Stafsus Presiden saya juga sebagai Duta Pembangunan Berkelanjutan yang bekerja langsung dibawah naungan Kementrian Bappenas dan salah satu penugasan saya ialah memastikan Kota/Kabupaten di Indonesia sesuai berjalan dengan asas-asas berkelanjutan,” tegas Billy Mambrasar.

Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa ingin melihat langsung Kabupaten Banggai dengan semua potensinya dan memberikan masukan ke Kementrian Bappenas terkait strategi untuk menjadikan Kabupaten Banggai menjadi Kabupaten yang berkelanjutan.

“Lalu ke-empat adalah latar belakang saya dalam dunia energi migas, saya juga akan melihat progres dari Donggi Senoro dan bagaimana dia bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banggai secara khusus maupun Provinsi Sulawesi Tengah secara umum dan ini akan saya laporkan langsung ke Mentri SDM dan Presiden,” tutup Stafsus Presiden tersebut.

Seteleh kunjungan di Ruang Kerja tersebut, pada kesempatan yang sama Bupati Banggai dan Stafsus Presiden, Billy Mambrasar bersama rombongan melanjutkan agendanya yaitu meninjau langsung rencana pembangunan Gedung PIKM di Genas.

*Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.